Benih Padi Black Madras
- 33%

Benih Padi Black Madras

(1 review)

Rp135.000 Rp200.000

Varietas padi Black Madras memiliki tampilan daun warna ungu yang sangat menarik perhatian banyak orang. Produk yang kami jual di seleksi, sehingga kemurnian benih tidak berubah. Kecuali jika ada perubahan genetik.

Chat WhatsApp
Bandingkan
Kategori: Label:

Share:

Eksotisme yang luar biasa yang terpancar dari padi black madras mampu memikat setiap insan yang melihatnya. Di tengah hamparan padi yang menghijau, nuansa beda dari varietas padi yang berwarna ungu ini sangatlah indah.

Black Madras merupakan salah satu varietas padi yang dikembangkan di Korea, namun banyak orang yang menyebutnya sebagai padi Jepang. Namun lambat laut, padi ini berkembang sebagai padi jenis ornamental atau padi hiasan. Mungkin di luar negeri, seperti toko online Amazon, mereka menjual padi ini bukan sebagai budidaya, namun sebagai tanaman hias pot. Harga benih padi Black Madras yang mereka jual pun sangat mahal, 1 gabah bisa 1 ribuan lebih.

Perlu anda ketahui, sebenarnya di Indonesia sendiri sudah memiliki beberapa jenis padi dengan daun ungu atau merah kehitam-hitaman. Misalnya saja padi jenis ketan merah atau ketan hitam. Sejak dahulu kala, petani lokal sudah menanam padi ini. Namun karena rentan terhadap serangan wereng, rebah dan masa panennya yang sangat lama, bisa sampai 6 bulan untuk daerah dingin, sehingga kurang diminati.

Selain black madras, kami juga menyediakan beberapa jenis benih lain seperti benih padi inpari 33 dan juga benih padi trisakti yang terkenal akan masa panen yang sangat cepat hanya 2,5 bulan.

Lalu apa saja keunggulan padi Black Madras atau yang disebut sebagai padi ungu ini?

1.Daun yang Eksotis

Salah satu yang paling menarik perhatian adalah daunnya yang ungu. Ini juga yang menjadi daya tarik terbesar dari jenis padi ini. Orang lain banyak yang menyebutnya imut, lucu, amazing, aneh, unik, keren dan indah. Apa pendapat anda tentang padi ini?.

2.Harga Jual yang Mahal

Ada permintaan ada pula penawaran. Dan kondisi itulah yang menyebabkan harga bisa berubah sewaktu-waktu. Lalu apa sih yang membuat harga padi Jepang ini mahal?. Yang jelas karena stok barang sedikit, namun minat masyarakat baik untuk konsumsi atau ditanam lagi banyak.

3.Umur Lebih Pendek

Padi jenis ini memang relatif lebih lama, termasuk black madras. Namun dibandingkan dengan padi ketan yang sudah saya singgung diatas, padi ini bisa panen dengan lebih singkat. Kurang lebih 4 bulan lebih beberapa hari.

Itulah beberapa informasi seputar keunggulan black Madras.

Informasi untuk anda. Bahwa ada padi selain Black Madras yang memiliki daun keunguan. Misalnya padi beras merah dan beras hitam varietas tertentu. Namun yang membedakan, bahwa padi jenis tersebut memiliki warna ungu yang tak sepekat Black Madras. Hanya sampingnya saja yang ungu. Selain itu, daunnya juga lebih tebal dan kaku, tidak seperti Black Madras.

Untuk mengetahui apa saja manfaat beras Black Madras, silakan baca juga di blog saya di halaman berikut: Manfaat Beras Black Madras.

Cara Budidaya Padi Black Madras

Tak beda jauh sebenarnya antara cara tanam padi Black Madras ini dibandingkan dengan jenis lainnya. Cuma, kita hanya perlu beberapa perawatan yang spesifik. Namun agar lebih jelas, silakan simak pembahasannya:

1.Pengolahan Tanah

Lakukan saja seperti biasa, yang penting, usahakan tanah diberi lebih banyak pupuk organik agar hasil lebih bagus. Karena salah satu kekurangan dari tanaman ini adalah hasilnya yang kurang banyak seperti padi pada umumnya.

2.Penanaman

Seperti yang kita sama-sama ketahui, bahwa teknik menanam padi ada berbagai cara. Misalnya SRI, Jajar Legowo, dan juga Hazton. Yang paling saya rekomendasikan untuk padi ini adalah teknik Hazton. Menurut pengalaman pribadi hasilnya jauh lebih memuaskan untuk padi yang kurang produktif.

Karena padi ini umurnya lebih lama, tidak masalah bila penanamannya kita cepatkan 1 minggu dibandingkan dengan padi tetangga. Agar nantinya saat mereka panen, walang sangit, burung dan hama lainnya tidak pindah ke sawah kita.

3.Pemupukan

Lakukan pemupukan setelah 10 hari sejak tanam dengan Nitrogen. Jika terdapat bibit wereng, langsung saja semprot dengan insektisida untuk wereng. Karena padi ini memang rawan terkena wereng. Namun penanggulangan sejak awal bisa memutuskan siklus wereng.

Selanjutnya, setelah 25 hari kita kasih pupuk NPK. Akan lebih baik lagi, bila disemprot juga dengan pupuk daun, anti bakteri dan jamur serta hormon pertumbuhan khusus padi. Dengan cara ini, daun akan mengkilat dan tidak terjangkit hama kresek dan hawar daun.

Di usia 50 hari sejak tanam, kita tak perlu kasih pupuk kimia lagi. Kita bisa berikan pupuk organik untuk memberikan rangsangan pertumbuhan tanaman. Jika ada hama, kita semprot di rentang usia ini. Jangan sampai ketika padi sudah ada yang muncul, karena racunnya bisa mengendap.

Untuk perawatan lain seperti penyiangan, pemanenan dan pasca panen sama saja. Petani sejati pasti sudah paham akan hal ini. Bagi seorang pemula, yang penting ikuti saja apa yang petani lain lakukan sesuai dengan daerah anda masing-masing.

Dalam hal hasil panen dan rasa untuk padi ini memang agak kurang memuaskan. Ya karena memang tujuan padi ini hanya mementingkan keindahan nilai eksotisme dari daunnya yang berwarna ungu.

Produk yang kami jual ini adalah benih padi black madras yang berkualitas. Jadi bagi yang ingin beli bibit padi black madras, anda bisa menghubungi kami saja. Perlu anda tahu, harga produknya ini dibawah harga pasaran. Jadi lebih murah dan kemurnian masih tetap terjaga. Sehingga bisa digunakan untuk ditanam kembali nantinya.

Kelemahan: Hasil kurang memuaskan, mudah terkena blas dan juga memiliki tektur dan rasa yang tidak seenak padi pada umumnya.

Catatan: Kami Tokofora tidak memperjualbelikan jenis padi galur seperti halnya benih padi black madras ini, kecuali kepada anggota kelompok tani kami saja dan pihak tertentu yang bertujuan untuk penelitian. Anda bisa membeli varietas benih padi yang sudah tersertifikasi yang banyak tersedia di toko kami. Terimakasih.


Hubungi Kami:

Anda bisa menghubungi kami via beberapa kontak kami berikut ini. Langsung saja klik kontaknya untuk chat dengan kami:


Berat 5000 g
Warna daun

Wulung / Ungu

Kegunaan

Padi hias, beras diet

Kekurangan

Produksi kurang, beras kurang enak

Review pelanggan
  • 5
    1 rating
  • 5 Bintang
    100%
    4 Bintang
    0%
    3 Bintang
    0%
    2 Bintang
    0%
    1 Bintang
    0%
1 review untuk Benih Padi Black Madras
  • Edi Sumarno

    5 out of 5

    Sangat baik pengirimannya, Terima kasih, kapan kapan pesan lagi.

Tulis ulasanmu

Beri review

TOP

Isi form jika punya akun

Isi form untuk mendaftar

Retrieve your password

Please enter your username or email address to reset your password.

X