Keranjang saya

x
Benih Padi Sertani 13
- 11%

Benih Padi Sertani 13

(2 review)

Rp125.000 Rp140.000

Padi sertani 13 merupakan jenis yang paling unggul dibandingkan lainnya. Ada 3 jenis yang tercipta sampai saat ini, yakni 13a, 13b dan 13c. Masing-masing memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing.

100% Aman

Dijamin barang sampai rumah Anda!.

Support Bagus

Hubungi kami via Whatsapp kapanpun.

Banyak Kejutan

Dapatkan promo dan harga spesial.

Chat WhatsApp
Bandingkan
Kategori: Label:

Share:

Bagi sebagian besar masyarakat Indonesia, nasi adalah makanan pokok untuk sehari-hari. Nasi berasal dari tanaman padi yang ditanam di sawah. Ternyata meskipun berasal dari tanaman yang sama yang disebut tanaman padi, benih padi dan beras pun terdiri dari berbagai macam varietas.

Setiap jenis tanaman padi tersebut tentu memiliki keunggulan masing-masing. Salah satu varietas unggulan dari tanaman padi adalah jenis benih padi sertani 13, baik sertani 13a, 13b, maupun 13c.

Selain memiliki keunggulan dalam ketahanan, beras jenis sertani 13 ini juga memiliki keunggulan lainnya, mulai dari bobot produksi, kemudahan tanam dan perawatan, minimal pemupukan, hingga usia panen yang relatif cepat. Tak heran para petani dan konsumen beras menyukai produk benih padi jenis sertani 13 ini.

Benih padi jenis sertani ini merupakan benih padi yang diracik oleh Pak Surono Danu. Variannya sendiri sangatlah beragam mulai dari sertani 1, sertani 7, sertani 9, sertani 14, sertani 17, dan juga sertani 13. Menariknya lagi masing-masing varian benih padi jenis sertani pun memiliki karakteristik yang berbeda-beda. Benih padi ini istimewa karena diproses tanpa perendaman poc, bakterisida, fungisida, bahkan tak ada seleksi benih dan semuanya dilakukan secara konvesional.

Spesifikasi Padi Sertani 13

Jenis padi sertani 13 merupakan salah satu jenis unggulan yang memiliki beberapa varian dengan keunggulan dan kelemahan tersendiri. Perbedaan sertani 13a, 13b dan 13c dihitung dari segi usia panen, produksi, dan ketahanan terhadap penyakit. Ketiganya memiliki karakteristik yang berbeda-beda. Berikut penjelasannya:

Deskripsi Padi Sertani 13a

  • Hasil paling unggul dibandingkan 13 b dan 13c
  • Potensi hasil 10 ton / hektar
  • Malai lebih panjang
  • Umur 95 hst
  • Anakan 20-25 / rumpun
  • Jumlah per malai bisa mencapai isi 300 – 350 butir
  • Pulen jika sudah dimasak menjadi nasi
  • Ketahanan terhadap penyakit atau hama cukup bagus

Deskripsi Padi sertani 13b

  • Potensi hasil 9-10 ton / ha
  • Beras lebih pulen
  • Usia 85-90 hst
  • Panjang malai sedang
  • Anakan 25-30 / rumpun
  • Jumlah per malai mencapai 300 butir

Deskripsi Padi Sertani 13c

  • Malai sedang sehingga membuat pengisian bisa full sampai pangkal dan tergolong mudah.
  • Jumlah per malai bisa mencapai isi 250 – 350 butir
  • Tanaman cukup tinggi
  • Umurnya genjah 75 hst
  • Rendemennya tinggi dan bisa mencapai 72 kg beras per kuintal
  • Dalam 50 kg gabah bisa menjadi 36 kg beras
  • Pulen jika sudah dimasak menjadi nasi
  • Ketahanan terhadap penyakit atau hama cukup bagus
  • Cepat panen dengan hasil yang memuaskan bisa 4 kali panen per tahun

Jadi antara sertani 13a vs 13b vs 13c memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Saran saya bila ingin menanam yang hasil unggul yaitu sertani 13 a. Bila ingin menanam yang cepat panen pilihlah sertani 13 c. Tinggal anda sendiri yang menentukan.

Cara Menanam dan Merawat Padi Sertani 13

Penanaman padi jenis sertani 13 ini tergolong mudah dan hampir sama dengan benih padi jenis lainnya. Jika kalian berminat untuk menanam sendiri padi sertani ini, berikut cara-caranya:

1. Memilih benih yang bermutu

Beberapa hal yang harus dipertimbangkan dalam memilih benih yang bermutu di antaranya adalah sebagai berikut:

Pilih benih yang bernas dengan cara menggunakan larutan ZA atau larutan garam 3% untuk melihat kualitas benih. Masukkan 1 kg ZA ke dalam 3 liter air atau 30 gram garam dalam 1 liter air. Setelah itu masukkan benih sesuai dengan jumlah yang sesuai dengan volume larutan ZA atau garam. Jika ada benih yang mengapung buanglah dan tanam pada petakan sendiri.

Benih yang dipilih harus memiliki sifat yang khusus seperti senang kondisi air yang sedikit atau macak-macak maupun kondisi air yang tergenang alias mudah beradaptasi di berbagai kondisi pertanaman.

2. Mengolah tanah dengan baik

Pastikan gulma atau hama haris dikendalikan terlebih dahulu dengan menggunakan gramokson sesuai petunjuk dalam kemasan sebelum tanah diolah. Sediakan unsur hara yang memadai dengan pemberian pupuk kandang sebanyak 2 ton per hektar. Bajak tanah pertama baik dengan menggunakan traktor atau kerbau lalu ratakan serata mungkin sehinggi tinggi air pengairan dapat dipertahankan 1cm dalam petakan.

3. Menyiapkan pengairan

Padi jenis sertani bisa diatur dengan genangan 1 cm saja hingga padi bunting (primordia) dan setelah itu kondisi tanah cukup basah saja sampai menjelang panen.

4. Menyiapkan petak persemaian

Lokasi persemaian harus dipilih yang lokasi tanahnya subur, aman dari gangguan ternak atau hewan lain, dan aman dari genangan banjir. Luas persemaian yang dibutuhkan dalam 1 hektar adalah 4 x 4 meter, bentuk 4 bedengan dengan panjang masing-masing 4 meter x 1 meter.

5. Memberi pupuk organik

Gunakan pupuk organik seperti kotoran tenak atau pupuk kandang can bahan sisa tanaman yang sudah dikomposkan. Pupuk organik selain berfungsi untuk menyuburkan tanaman juga dapat sebagai sumber nutrisi tanaman apalagi padi jenis sertani sendiri terbukti sangat respons terhadap pupuk organik.

6. Menanam bibit padi sertani

Rendam akar bibit setelah dicabut dari persemaian dalam kubangan plastik yang diberi furadan 2 kg lalu biarkan selama 6 hingga 12 jam agar bibit siap ditanam dan biarkan daunnya utuh. Gunakan sistem Jajar Legowo Rel Kereta Api dengan arah jalur Timur Barat.

7. Menyiangi gulma atau hama

Setelah benih ditanam maka agar terhindar dari segala macam gulma atau hama harus dilakukan penyiangan baik dengan cara alat gosrok atau landak, pemberian pupuk kimia, atau pemberian pupuk cair.

8. Memanen sertani 13

Panenlah pada waktu yang tepat ketika 95% padi mulai menguning yaitu sekitar umur 75 – 100 hari dan potong pada bagian tengah dengan menyisakan minimal 10cm dari dasar.

Cara Membeli Benih Padi Sertani 13

Di zaman digital seperti saat ini tentu sangat mudah untuk mencari barang yang kalian inginkan termasuk benih padi sertani yang satu ini. Kalian bisa mencarinya di toko-toko e-commerce online atau melalui google dengan cukup mengetikkan keyword benih padi sertani 13. Atau bisa juga membelinya melalui agen toko terdekat yang menjual berbagai macam jenis beras. Cukup mudah bukan?

Kami sendiri Tokofora juga jual benih padi sertani 13. Baik 13a, b dan c kami jual semuanya. Produksi untuk kebutuhan petani perorangan yang berasal dari tim MSP, jadi kemurnian benih dijamin bagus. Silakan hubungi tim CS kami untuk mendapatkan benih yang anda inginkan.

Berat 5000 g
Jenis

Galur

Varian

sertani 13a, 13b dan 13c

Potensi hasil

10 ton / ha

Review pelanggan
  • 4.5
    2 rating
  • 5 Bintang
    50%
    4 Bintang
    50%
    3 Bintang
    0%
    2 Bintang
    0%
    1 Bintang
    0%
2 review untuk Benih Padi Sertani 13
  • Sarno

    5 out of 5

    Hasilnya mantap pak,

  • Tawiyan F.

    4 out of 5

    Sama s14 bagus mana pak?

Tulis ulasanmu

Beri review

TOP

Isi form jika punya akun

Isi form untuk mendaftar

Retrieve your password

Please enter your username or email address to reset your password.

X